About Me

Kirimkan saran atau masukan anda ke prodibsa@yahoo.com

INFORMASI

Face Book BSA add di sastraarab



bsa,teater,sastra arab
.
Photobucket

Featured Video

Archives

22 Juli 2010

BSA Persembahkan Mapag Dulag Ramadhan 1431 H

UNO Organizer, event organizer yang dibentuk oleh mahasiswa BSA, akan mempersembahkan acara "Mapag Dulag Ramadhan 1431 H" dengan tema "Nyucruk Budaya Baheula, Geusan Budaya Ayeuna". Acara terdiri dari dua pementasan, yaitu musikalisasi puisi sufistik Sunda dan drama Sunda. Acara juga dimeriahkan dengan special performance Tari Mojang Priangan dan Tari Kipas. Seluruh pemain merupakan mahasiswa BSA angkatan 2008. Acara diselenggarakan pada Minggu, 1 Agustus 2010 di Gedung Kesenian Rumentang Siang yang berada di samping Pasar Kosambi Bandung.

Pementasan terbagi menjadi dua sesi. Pertama, pukul 08.30-11.30 dan kedua, pukul 13.00-16.00. Kedua sesi mementaskan dua pementasan yang sama.

Musikalisasi puisi sufistik Sunda bertajuk "Tutungkusan Panghulu Bandung" merupakan karya tokoh Pasundan Haji Hasan Mustofa. Disutradarai oleh Ridwan Ch. Madris, pegiat teater dan penulis dari komunitas Kampung Teater Nyentrik, dan skenarionya ditulis oleh Usman Supendi, penulis novel sekaligus dosen Sastra Sunda di Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Sedangkan drama Sunda bertajuk "Muhammad Jungjungan Ati" adalah karya Abdullah Mustappa, tokoh Sunda. Disutradarai oleh Resa 'Palu' Restu Pauji, pegiat teater dari Uninus dan skenario masih tetap ditulis oleh Usman Supendi.

Sebagai opening art, penonton akan disuguhi special performance Tari Mojang Priangan. Sedangkan sambil menunggu pementasan kedua berlangsung (jeda pementasan pertama), Tari Kipas juga siap dipamerkan di hadapan penonton. Koreografer kedua tari ini adalah Kiki Kurniawan Sidik, pegiat seni tari dan alumni jurusan BSI.

Selama lebih dari tiga bulan, mahasiswa dengan semangat mengikuti latihan. Terlebih, untuk latihan tari, delapan mahasiswi mengaku tidak memiliki pengalaman dalam melenggokkan tubuh sebelumnya. Artinya, ini merupakan pengalaman pertama yang mereka dapat selama kuliah di BSA. Namun, bukan berarti mereka tidak dapat menampilkan pementasan yang maksimal. Mereka optimis bahwa penonton akan terbuai dalam lenggokan kedelapan mahasiswi yang baru memasuki semester lima ini.

Musikalisasi puisi sufistik "Tutungkusan Panghulu Bandung" memberikan pelajaran kepada umat manusia secara umum bahwa kehidupan ini akan bermuara pada Zat yang Maha Luhur dan pengabdian pada-Nya adalah esensi dari pencartian makna hidup. Sedangkan drama Sunda "Muhammad Jungjungan Ati" merupakan sempalan cerita sahabat Nabi yang mengukuhkan diri sebagai umat Muhammad dan manusia beriman. Mulai pencarian Abu Dzar akan sesosok yang disebut-sebut Nabi Akhir Zaman, kepedihan keluarga Yasir dan Sumayah yang memegang kukuh keimanan hingga rela dibunuh di depan anak mereka, Ammar, hingga penderitaan Bilal yang disiksa Umayyah karena mengatakan iman kepada Rasululllah.

Maka, jangan sampai ketinggalan. Tinton acaranya 1 Agustus 2010 di Gedung Rumentang Siang. Harga Tiket Masuk hanya Rp. 10.000,-. Info lengkap klik di sini.

1 komentar:

eqtc mengatakan...

EQTC atau Era al-Qur’an Ta’lim Center merupakan Lembaga Pendidikan Al-Qur’an yang memiliki tujuan untuk membangun Indonesia ber-Qur’an dan menciptakan komunitas pencinta bahasa Arab dan Al-Qur’an. Berdiri sejak tahun 2005 dan sudah mendapatkan kepercayaan dari ratusan instansi baik pemerintah maupun swasta serta majelis ta’lim dalam menyelenggarakan berbagai program pendidikan al Qur’an dan bahasa Arab.

Kini EQTC hadir di Bandung dan Membutuhkan Staff Pengajar (Mu’allim)
Persyaratan :
1. Tartil Membaca Al-Qur’an
2. Mengusai Bahasa Arab
3. Pengalaman Mengajar (diutamakan)
Kirimkan segera Surat Lamaran Anda ke Jl.Tata Surya No.59 Margahayu Raya Bandung
Siapa Cepat dia dapat. Jazakalloh
Cp. Susanto (0856 2498 2498)

About Me

Bahasa dan Sastra Arab UIN Bandung
Lihat profil lengkapku

Labels